Pemerintah Kabupaten Jepara Evaluasi Samudra untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Pemerintah Kabupaten Jepara Evaluasi Samudra untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Jepara-Jatengpers.com-Setelah sukses meluncurkan Samudra (Satu Manajemen Data Jepara) pada bulan Juli lalu, Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kembali melakukan evaluasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Evaluasi ini dipimpin oleh Kepala Diskominfo Jepara, Arif Darmawan, dan berlangsung di Ruang Meeting Diskominfo, Kamis (19/9/2024). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Perhubungan, Disperindag, BAPPEDA, dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jepara.

Dalam rapat tersebut, Arif Darmawan mengungkapkan bahwa jumlah unduhan aplikasi Samudra telah mencapai 4.480 pengguna dengan rating 4,9, menandakan bahwa aplikasi ini semakin diminati masyarakat. Namun, seiring dengan peningkatan jumlah pengguna, Diskominfo menekankan pentingnya peningkatan keamanan aplikasi guna menjaga kenyamanan masyarakat dalam mengakses data.

Menurut data sementara, lonjakan pengunjung pada portal Samudra tercatat meningkat sebesar 50,3% dari wilayah Semarang, sedangkan dari wilayah Jepara sendiri hanya mencapai 4,8%. Ia menyadari bahwa rendahnya angka pengunjung dari Jepara mungkin disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dan publikasi.
“Justru pengunjung terbanyak dari luar kota dibanding Jepara sendiri. Kita analisa apakah kurang sosialisasi dan publikasi, nanti bisa kita benahi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arif Darmawan menyampaikan rencana untuk lebih intensif berkoordinasi dengan pihak PLTU guna mengembangkan Samudra, khususnya melalui penambahan titik CCTV, terutama di bagian utara Jepara.
“Kita bisa minta dukungan dari instansi atau kantor untuk penggunaan CCTV. Ini sangat penting dari sisi keamanan, terutama untuk pemantauan lalu lintas,” tambahnya.

Selain itu, fitur pemantauan kebutuhan pangan di aplikasi Samudra juga mendapat perhatian besar dari masyarakat. Hal ini mendorong Diskominfo untuk meningkatkan koordinasi dengan Disperindag, khususnya dalam optimalisasi sistem Sihati (Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi).
“Dari Disperindag, mohon dukungan lebih optimal dengan Sihati, karena fitur ini juga banyak diminati,” ujarnya.

Arif juga berharap menu lowongan pekerjaan di Samudra dapat dioptimalkan untuk menarik lebih banyak pengunjung, sekaligus menyediakan informasi pelatihan dari dinas terkait dan pelayanan kesehatan dokter. Untuk saat ini, fokus utama Diskominfo adalah meningkatkan keamanan aplikasi, memperluas sosialisasi, serta menambah titik CCTV guna memperkuat pengawasan. 

Sumber : Humas Pemkab