Pj Bupati Jepara Hadiri Puncak Acara Harlah ke-95 LP Ma’arif NU di Ngabul

Pj Bupati Jepara Hadiri Puncak Acara Harlah ke-95 LP Ma’arif NU di Ngabul

Jepara-Jatengpers.com-Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Lahir (Harlah) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) ke-95, digelar pengajian umum yang dihadiri oleh lebih dari 3.000 peserta. Acara ini diadakan di Lapangan Desa Ngabul, Jepara, pada Senin (23/9/2024), dan diikuti oleh para peserta Perkemahan Prestasi Ma’arif Nahdlatul Ulama (Persimanu) 1 serta masyarakat setempat. Kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian acara yang telah berlangsung.

Acara dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Penjabat (Pj) Bupati Jepara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko. Hadir pula para Kepala Perangkat Daerah, Forkopimcam, Kepala Kemenag Jepara Akhsan Muhyiddin, Ketua LP Ma’arif NU Jepara Mu’alimin, Rais Syuriyah PCNU Jepara Prof. Dr. KH. Mustaqim, M.Pd, Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara, serta jajaran lembaga otonom PCNU Jepara.

Dalam sambutannya, yang disampaikan oleh Sekda Jepara, menyampaikan apresiasinya kepada LP Ma’arif NU. “Pemerintah sangat mendukung kegiatan perkemahan pramuka ini karena mampu memupuk kesatuan dan persatuan, serta membangun kemandirian yang pada akhirnya dapat mencerdaskan dan mempersatukan bangsa serta membangun Jepara,” tuturnya.

Ketua LP Ma’arif NU Jepara, Mu’alimin, menegaskan komitmen lembaganya dalam terus mengembangkan kegiatan pendidikan di bawah naungan Ma’arif NU. “Kami selalu berupaya meningkatkan program pengembangan anak didik, dan Persimanu 1 yang diadakan tahun ini adalah salah satu buktinya. Kegiatan ini bertujuan memperkuat silaturahim keluarga besar Ma’arif NU Jepara, meneladani ajaran ahlu sunnah wal jamaah, mengembangkan kreativitas, serta menanamkan sikap gotong royong dan kebersamaan,” ujarnya.

Rais Syuriyah PCNU Jepara, Prof. Dr. KH. Mustaqim, M.Pd, mengajak para peserta terutama anak-anak, untuk aktif dalam kegiatan pramuka. Menurutnya, pramuka memberikan banyak manfaat dalam pendidikan karakter dan membentuk generasi yang tangguh. “Pendidikan memiliki tiga pusat pengaruh: orang tua, lingkungan pendidikan, dan lingkungan sosial. Semua ini sangat berperan dalam pembentukan karakter sejak usia dini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Jepara, Akhsan Muhyiddin, menyampaikan dukungan penuh dari Kementerian Agama untuk kegiatan pendidikan. “Kami akan melaksanakan amanat yang sudah dititipkan untuk mendoakan dan akan selalu mendampingi proses pendidikan anak-anak agar mereka menjadi generasi yang cerdas, tangguh, dan berakhlakul karimah,” katanya. 

Sumber : Humas Pemkab