Pemerintah Kabupaten Rembang Deklarasi Pilkada 2024 Aman dan Damai

Pemerintah Kabupaten Rembang Deklarasi Pilkada 2024 Aman dan Damai

Rembang-Jatengpers.com-Pemerintah Kabupaten Rembang menegaskan dukungannya terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang aman dan damai. Langkah ini sejalan dengan harapan berbagai pihak, termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Rembang.

Deklarasi tersebut dilaksanakan pada akhir rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (paslon) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang, Senin (23/9/2024). Naskah deklarasi damai dibacakan oleh Ketua KPU Kabupaten Rembang, M Ika Iqbal Fahmi, dan diikuti oleh seluruh tamu undangan, paslon, serta pendukung.

Deklarasi tersebut ditandatangani oleh kedua pasangan calon, partai pendukung, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rembang Fahrudin, dan perwakilan Forkopimda. Isi deklarasi menggarisbawahi komitmen untuk mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, serta kampanye tanpa hoaks, politisasi SARA, atau politik uang.

Dalam pengundian nomor urut, pasangan Harno-Hanies (Harmonis) mendapatkan nomor urut 2, sedangkan pasangan Vivit-Umam mendapat nomor urut 1. Ketua KPU Kabupaten Rembang, M Ika Iqbal Fahmi, menjelaskan bahwa pihaknya akan memfasilitasi alat peraga kampanye (APK) berupa baliho, umbul-umbul, dan spanduk bagi kedua paslon. “Kami akan memfasilitasi APK untuk paslon, dan mereka dapat menambah hingga 200 persen dari jumlah yang disediakan oleh KPU,” jelasnya.

Selain itu, KPU juga akan menyediakan bahan kampanye berupa poster, selebaran, dan leaflet yang dapat digunakan oleh kedua pasangan calon untuk sosialisasi kepada masyarakat.

Dengan deklarasi damai ini, diharapkan Pilkada Rembang 2024 dapat berlangsung aman, tertib, dan kondusif tanpa adanya gangguan.

Sumber : Humas Pemkab